Kimia Dasar


KIMIA DASAR



UNSUR

UNSUR adalah jenis materi yang tidak dapat dipecah lagi kedalam dua atau lebih zat murni. Terdapat 115 unsur, yang 91 di antaranya terjadi secara alamiah.

  1. ARANG: untuk memanggang makanan, terbuat dari hampir karbon murni.
  2. TEMBAGA: untuk kabel listrik, perhisan, pipa air; termasuk unsur logam.
  3. SILIKON: lebih dari 60 tahun banyak membuat penasaran, sekarang menjadi bahan dasar industry semikonduktor yang harganya milyaran dollar.
  4. TIMBAL (lead): bahan yang dapat dibengkokkan; dahulu digunakan sebagai pewarna cat, sambungan pipa ledeng, dan aditif bensin; sekarang dilarang karena bersifat racun.
AIR RAKSA
Air raksa merupakan materi yang langka dengan kelimpahan hanya 0,00005%. Air raksa memiliki densitas yang besar maka dapat digunakan dalam barometer dan manometer. Apabila air raksa dilarutkan dengan logam lain maka akan membentuk larutan amalgam. Amalgam perak air raksa timah sering digunakan untuk menambal gigi.

ALLUMUNIUM
Alumunium terbentuk dari gabungan tanah liat dan batuan yang tidak dapat diekstrak. Pada tahun 1886 dua kimiawan, Charles Hall (AS) dan Paul Herrault (Perancisbekerja secara mandiri untuk mengekstrasi alumunium dari bijih yang relative langka.

SENYAWA 
Senyawa adalah zat murni yang terdiri atas lebih dari satu unsur. Senyawa metana, asetilen, naftalen terdiri atas unsur karbon dan hydrogen, dalam proporsi yang berbeda. Senyawa memiliki komposisi yang tetap satu unsur dalam persentase massa yang sama.












Komentar