Smartphone sebagai Media Pembelajaran


Perkembangan teknologi sudah memperlihatkan dampak yang signifikan. Baik positif maupun negatif. Dampak dari teknologi tentu berpengaruh di berbagai bidang kehidupan seperti ekonomi, sosial, budaya, ataupun pendidikan. Terutama di bidang pendidikan, salah satunya adalah perkembangan smartphone.

Sekarang banyak sekali siswa yang memanfaatkan smartphone mereka menjadi bahan untuk memperoleh pengetahuan lebih. Smartphone menawarkan berbagai kelebihan sehingga membuat penggunanya menjadi lebih nyaman dalam menggunakannya.
Berikut merupakan pemanfaatan smartphone sebagai media pembelajaran :

1. E-learning, pembelajaran menyenangkan.
Tanpa kenal ruang dan waktu para siswa dapat belajar meskipun berada di luar kelas. Dengan menjelajahi website e-learning, pembelajaran akan lebih menyenangkan karena disertai video-video tentang materi pelajaran.

2. E-book, mudahnya membaca buku.
Para siswa dapat membaca buku dengan mudahnya menggunakan smartphone, tanpa buku berbentuk fisik. Membaca buku akan lebih menyenangkan karena bisa dilakukan dimana dan kapan saja.

3. Situs pencarian.
Mesin pencarian di internet sangat membantu para siswa dalam mencari sebuah informasi atau materi tentang pembelajaran. Wawasan pengetahuan para siswa akan lebih berkembang dengan memanfaatkan smartphone dengan baik.

4. Media sosial untuk pembelajaran.
Banyak sekali media sosial yang dimanfaatkan oleh guru dan siswa. Misalnya edmodo, aplikasi ini didesain seperti metode di kelas. Disini guru akan lebih aktif berkomunikasi dengan siswa.





Komentar